WanHart Blog

November 28, 2007

Membangun Usaha Sendiri

Filed under: Business,Consulting — Admin @ 08:02
Tags: , , , , ,

Hampir semua orang ingin membangun usaha sendiri dengan iming-iming kebebasan waktu dan kebebasan finansial. Tetapi apakah yang anda butuhkan dalam membangun usaha sendiri? Sudahkan anda memikirkannya? Ego bukanlah yang utama, lalu apakah yang menjadi faktor utama dalam membangun usaha sendiri?

Ikuti 11 checklist untuk membangun usaha sendiri dan temukanlah jawabannya!

Produk/Jasa. Apakah anda telah memiliki produk atau jasa yang akan anda tawarkan? Sudahkah anda meneliti (research) mengenai keunggulan produk dan jasa anda? Jika belum, ini adalah PR (pekerjaan rumah) anda yang utama.

  1. Apa keunggulan produk atau jasa anda?
  2. Sudahkan orang lain (pesaing/competitor) melakukannya?
  3. Apakah ada pesaing (competitor) anda dalam bidang (produk/jasa) yang akan anda tawarkan?
  4. Jika sudah ada, apa yang anda lihat dari pesaing anda? Apakah ada kelemahan yang anda dapat tawarkan sebagai pembanding?

Finansial/Keuangan.Keuangan adalah tulang punggung dari pada usaha anda. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, usaha anda dapat gagal ditengah jalan sebelum mencapai kesuksesan. Apakah anda telah melakukan finansial forecasting (proyeksi keuangan) untuk cash flow anda?

  1. Berapakah fixed-cost (overhead) yang harus anda sediakan dalam membangun usaha anda dalam satu tahun?
  2. Apakah kebutuhan keuangan untuk rumah tangga anda sudah terpenuhi tanpa terganggu usaha anda?

Pemasaran. Pemasaran adalah tombak dari usaha anda setelah anda dapat mengatasi faktor PRODUK/JASA dan FINANSIAL/KEUANGAN. Rencanakan marketing/pemasaran anda dengan baik.

  1. Bagaimanakah cara anda menjangkau target market (pembeli/customer) anda?
  2. Buatlah perencanaan keuangan untuk pemasaran (marketing) yang baik untuk 12 bulan kedepan.
  3. Apakah anda mempunyai back-up plan (rencana kedua) jika rencana utama anda mengalami kegagalan?

Administrasi.Administrasi adalah hal yang penting dan menyangkut customer service (pelayanan pelanggan). Tanpa administrasi yang baik, anda akan mendapatkan kesalahan yang akan membuat usaha merugi. Administrasi yang buruk menghasilkan kinerja yang buruk pula dan akan menimbulkan customer service yang buruk pula. Customer service yang buruk akan mengakibatkan usaha anda ditinggalkan oleh pelanggan anda. Administrasi yang baik bukan berarti anda harus memiliki semuanya, tetapi anda dapat mendahulukan hal hal yang anda anggap terpenting. Bagaimana anda mengatur administrasi anda untuk meng-antisipasi usaha anda?

  1. Sudahkan anda mempersiapkan format pembukuan yang baik untuk meng-antisipasi kemajuan usaha anda?
  2. Sudahkan anda mempersiapkan logistik anda dengan rapi untuk meng-antisipasi kemajuan usaha anda?

Jika semua jawaban adalah YA, maka anda telah siap untuk melakukan dan membangun usaha sendiri. Ingat, jangan mudah menyerah!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: