WanHart Blog

February 19, 2008

Pentingnya bahasa Inggris dalam era globalisasi ini. Masa sih?

Pada suatu acara international yang diadakan di salah satu hotel bintang lima di Jakarta, saya membawa 7 orang marketing senior saya untuk memprospek pengusaha lokal maupun expatriat untuk mengisi office tower dan service apartment yang kami kelola di salah satu kota besar Indonesia.

Terkejut saya setelah 15 menit berada ditempat itu, ke 7 marketing senior saya lumpuh. Tidak ada satu orang pun bergerak untuk mendekati (approach) mereka. Saya panggil mereka keluar dan ingin menanyakan apa yang terjadi? Mengapa mereka tidak dapat bergaul dengan para expatriat itu?

Semua tertunduk dan akhirnya mereka berkata, “Maaf pak, saya sudah mengusahaakannya, tetapi penguasaan bahasa Inggris saya terbatas sehingga saya bukanlah lawan bicara yang nyaman untuk diajak bicara dalam bahasa Inggris”.

Saya terhenyak sebentar, dan saya berkata, “Tunjuk salah satu orang expatriat yang kamu anggap paling “sombong” dan mari saya perlihatkan bagaimana cara mendekati mereka untuk berbicara”.

Ditunjuklah seorang yang sedang menghisap cerutu, ia dikelilingi oleh 5 orang temannya dan sedang tertawa-tawa menikmati suasana pertemuan kasual ini. Badannya tinggi besar dan bahasa tubuhnya menunjukan percaya diri yang sangat tinggi. Saya berkata, “Mari ikut saya dan saya akan perlihatkan cara mendekati orang yang kamu tunjuk tersebut”.

“Hallo, apa kabar?”
“Nama saya Irwan dari…..” dan saya terus berbicara dalam bahasa Indonesia.

“I am sorry, I do not speak Indonesian” dia tersenyum.
Dengan tersenyum juga saya berkata, “Makanya belajar bahasa Indonesia di negara Indonesia, seperti saya tinggal di Amerika selama 9 tahun dan saya bisa berbicara Inggris dengan fasih”.

Sang expatriat pun tidak dapat berkata-kata apa apa lagi selain memberi hormat kepada saya. Dan dalam setiap pas-pas an di dalam pertemuan itu, dia mengangguk memberi hormat kepada saya. Dalam pertemuan itu, semua 7 senior marketing saya mendekati (approach) expatriat yang hadir sebagai seorang Indonesia, bukan seorang setengah bule.

Dalam era globalisasi ini penting untuk belajar atau dapat berbicara bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya. Tetapi jika kita lupa akan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, maka kepercayaan diri akan hilang dan bangsa tidak akan maju.

Pentingnya bahasa Inggris dalam era globalisasi ini. Masa sih?

Banyak orang berkata dalam era globalisasi ini sangat penting untuk menguasai paling tidak bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya. Mereka berkata bahwa tanpa penguasaan bahasa Inggris (English Command) yang baik, suatu negara tidak akan maju. Banyak yang mengambil contoh dari penguasaan bahasa Inggris di Malaysia dan India.

Tetapi mereka tidak melihat bahwa negara negara yang benar benar maju bukanlah Malaysia dan India, tetapi negara-negara seperti Jerman, Perancis, Jepang, Korea, China yang sebagian besar masyarakatnya tidak memiliki penguasaan bahasa Inggris yang baik, melainkan menguasai dan bangga sebagai bangsa yang memiliki identitas dengan menggunakan bahasa mereka sendiri sendiri.

Bangga dengan identitas kita dan menjadi diri sendiri

Didalam satu kelas bisnis penerbangan saya ke kota Los Angeles, saya bertemu dengan wanita cantik Indonesia yang fasih berbahasa Inggris. Bahasa Inggris wanita ini sangat baik sekali (excellent English pronunciation). Jika dia berbicara cukup keras, seolah olah ingin memberitahukan kepada seisi pesawat bahwa dia memiliki pelafalan (pronunciation) bahasa Inggris yang sangat baik.

Tetapi jika saya dengarkan baik baik, apa yang dia katakan dalam setiap pembicaraan hanyalah basa basi dan tidak ada isinya (tidak berbobot, pep-talk). Gatal telinga saya jadinya. Saya lebih terbiasa dan lebih menghargai orang yang berbahasa Inggris pas pas-an tetapi ada isi dan bobot pembicaraannya.

Jangan berbicara bahasa setengah setengah dan campur campur. Jika anda ingin berhasa Inggris, bicaralah dengan lengkap dan sepenuhnya, juga sebaliknya. Banggalah berbahasa Indonesia dan berbanggalah menjadi orang Indonesia.

Tambahan:

Berbicara dengan bahasa gado-gado (berbicara bolak balik dan campur aduk antara Inggris dan Indonesia) tidaklah membanggakan untuk saya. Saya sangat fasih berbahasa Inggris, anda tidak akan bisa bedakan jika mendengar suara saya dengan orang yang sejak lahir berbicara bahasa Inggris, tetapi saya sangat bangga untuk berbahasa Indonesia.

Bahasa Inggris di dunia usaha memang digunakan untuk bisnis, surat menyurat dan meeting dengan bule bule yang tidak mau belajar dan tidak bisa berbahasa Indonesia. Tetapi maksud terpenting dari tulisan saya ialah, cukup untuk berbicara kepada bule yang tidak bisa dan tidak mau belajar bahasa Indonesia. Tidak usah dilanjutkan dalam percakapan sehari-hari, tidak usah over reacting dan berpikir bahwa dengan bisa berbicara bahasa Inggris ditempat umum anda merasa derajat anda lebih tinggi dari orang lain.

Jika anda memang lebih nyaman dengan berbahasa Inggris, silahkan berbicara Inggris sepenuhnya (full and complete conversation in English), jangan berbicara gado-gado. Itu sangat memalukan dan merendahkan derajat anda sendiri.

_40923281_indonesia_malacca_map203.gif 120px-indonesia_flag_large72.png

rev_indo_cover.jpg

22 Comments »

  1. sometimes it happened here too in Malaysia. We call it here, “lebih mat salleh dari orang puteh” i.e. they worship the english culture, language so much that they are ashamed of their original background. One other mentality that used to be here was or still is here, is when you see a “mat salleh” i.e. caucasian getting involved in a business or dealings etc, then the assumption will be it’s a good one. Noo matter how stupid that mat salleh is. anything with mat salleh is gooooood. :-)
    Sometimes here, we have this identity crisis from the top level till the very bottom. They just can’t decide. You know why? not all the politicians who came up with the policies are that smart, if you know what i’m saying…

    Comment by esbseminar — February 19, 2008 @ 09:36 | Reply

  2. that’s right,sometime man forget about their ideology,it may caused by the negative effect of ex colonialism. but it depend on who speak.
    i just wanna ask to you about,apasih peran penting bahasa ingris dalam dunia perbisnisan, selain sebagai alat komunikasi…????
    thanks

    Comment by loe_loe' — March 1, 2008 @ 07:41 | Reply

  3. emang betul kalau english tu penting,masa seh, jaman skarng g ngerti english,c’mon guys,englis is important,we must receive it,do you know why?
    trust me guys,you will use it in your future and you will get a good job!!!!!

    Comment by dewi yohani — March 4, 2008 @ 07:13 | Reply

  4. bisa ngga belajar bahasa inggris tidak dari lembaga?
    kalo ada tutorial tolong di kasih alamatnya yach
    thanks

    Comment by darkpluto — March 22, 2008 @ 18:22 | Reply

  5. bahasa inggris itu sebagai sarana buat mereka dalam menjajah negara negara kecil :D

    Comment by orangstrees — March 31, 2008 @ 12:28 | Reply

  6. Saya Kurang Setuju.., saya yakin dr antara smua itu tdak ada yg berhasil anda ajak utk gabung..(itulah tujuan utama)…bayangkan anda mempunyai barang yg bagus.dan ada org bule yg hanya ngerti inggris ingin memberi barang dr anda…jika pendekatan kyk td…saya yakin seratus transaksi pun ga bakl terjadi deal…

    ada ada aja…

    Comment by Budi — March 31, 2008 @ 13:51 | Reply

    • kan td dikatakan bahwa berbahasa inggris hanya dengan bule yang tidak bisa berhasa indonesia dan tidak mau berbahasa indonesia, dari pada berbahsa inggris hanya setengah-setengah, perhatikan bagian paragraf bawah jg. thank.

      Comment by shofi'i — October 15, 2011 @ 01:54 | Reply

  7. penting…
    sy sdh pernah mengalaminya sendiri…
    mengantarkan anak Indonesia yg mencoba mendaftar di sekolah sini…
    di rapotnya…bahasa Inggrisnya bagus..juga pelajaran2 lain…
    lhaa…pas di tes ma sekolah disini…..waduww……nilainya jeblok aja pakai sekali…kasihan kan..
    jadi menurut saya..memang penting koq bahasa Inggris itu..bukan untuk gaya…tetapi memang sudah mrupakan bahasa Internasional…

    Comment by some one — March 31, 2008 @ 17:17 | Reply

  8. Untuk P.Budi dan Some One:
    Oh Tuhan tolong bangsaku. Orang Indonesia ini walaupun sudah di tulis dengan bahasa Indoneaia masih tidak mengerti tulisan saya. Kamu masih belum menangkap moral dari cerita saya ini? Kasihan deh, apa lagi kalo di tulisan dalam bahasa Inggris ya?

    Comment by wanhart — April 1, 2008 @ 14:16 | Reply

    • setuju sekali, padahal udah di tulis dengan bahasa indonesia, masih saja tidak mengerti,,,
      saya berpikir, mungkin fikirannya tertutup ketika membaca paragraf awal. atau mungkin cuma di baca setengah-setengah saja kali ya,,,

      Comment by shofi'i — October 15, 2011 @ 01:57 | Reply

  9. kami ingin skali belajar bahasa inggris, tapi aga susuah2 gimana gt…. tolong dong kasih saran ??? gimana yaa supaya kamilancar berbahasa inggris,,,,,

    Comment by Yulia n Abie — April 3, 2008 @ 05:08 | Reply

  10. buat dewi yohani di #3.

    Coba Anda ke Korea dan ngomong korea di toko2 atau di stasiun kereta dsb.. dijamin ga ada yang ngerti Anda. Syukur2 kalau ada yang ngerti. Hanya di Seoul jumlah orang Korea yang ngerti bhs Inggris itu banyak, coba main2 ke distrik2nya….

    Jadi kesimpulannya : Bahasa Inggris itu penting, tapi tidak sepenting itu. Tergantung di mana Anda berada..

    Bahasa universal itu bukan bahasa Inggris, tapi bahasa tubuh. Di Korea saya sendiri mengalami :)

    ::lagi ngambil les Korea::

    Comment by nugie — September 6, 2008 @ 05:57 | Reply

  11. i want and need can speak english quickly and be excellent english pronuncacion…
    but it so difficult..
    give me suggest please, and send to my email…
    thanks be4
    + and how can i remember new vocab…

    (lgi belajar, so kalau salah or pep-talk maklum ye…)

    Comment by rich — October 16, 2008 @ 05:46 | Reply

    • we’re sama sama practical conversation yuu ??

      Comment by cinde — September 5, 2009 @ 04:59 | Reply

  12. Aq stju dg pendapat “nggak boleh melupakan jati diri bangsa”.
    Emang dizaman sekarang orang2 yg bisa bahasa inggris dianggap uda keren banget(aq rasa jg gitu…). Tapi sbg seseorang yg brkebangsaan indonesia kita nggak bolh trllu trbawa oleh bangsa lain(bangga dong ama bahasa sendiri).
    Aq nggak stju dg pendapat “pke bahasa gado2 nggak membanggakan”. Kata guru aq, klo pengen pandai bahasa inggri msti brani pke bahasa campur2(wlupun klhatannya malu2in). Klo buat bljar nggak pa2 la campur2, asal jgn buat pamer.

    Comment by Little_princes — October 29, 2008 @ 11:43 | Reply

  13. mastering English is very important..but we have to realize that the language has its function. It means that we have to know when, where, we can use the language itself. I believe that the writer try to invite us to be pride of our own culture without ignorance the importance of English as Internasional language.

    Comment by dian — November 30, 2008 @ 08:28 | Reply

  14. hi i need someone whom teaching english well , everybody said that language is habits …

    Comment by cinde — September 5, 2009 @ 04:49 | Reply

  15. so what should i do ?? exacly i need CONVERSATION FRIENDS please so much , i can if lawan bicara aq can speak english better than me .. jadi kan suka kebawain

    Comment by cinde — September 5, 2009 @ 04:55 | Reply

  16. I am very agree that the important of english language…
    Orang yg dpt bicara bhs ing psti dpt b’komunikasi dgn orang d pnjru dunia…
    Itulah perlux memplajari bhs ing sbg bhs internasional…

    Comment by Sst...nah — December 16, 2009 @ 08:15 | Reply

  17. saya paham maksud anda
    tapi….saya setuju dan kurang setuju karena….
    - saya memang tidak bisa bahasa inggris(atau bahasa negara maju lain) dengan baik tapi saya tahu vocabulary bahasa inggris(bahasa negara maju lain) itu jauh lebih lengkap dibanding bahasa indonesia khususnya untuk keperluan dunia modern, ilmu pengetahuan, dan lain2
    - tentu anda tahu bahwa ilmu pengetahuan masih banyak sekali yang dalam bahasa inggris (bahasa negara maju lain)dan belum diterjemahkan ke bahasa indonesia (karena ilmuwan dan penemu akan menulis pertama kali dalam inggris(atau dalam bahasa negara maju lain), sementara kita tau kuatlitas ilmuwan indonesia bila dibanding ilmuwan negara maju jelas lebih hebat ilmuwan negara maju) kalau orang tidak bisa bahasa inggris (atau bahasa negara maju lain) maka kita akan terlambat menerima pengetahuan
    - mendapat berita berimbang. saat kita melihat berita dalam bahasa indonesia tentunya anda unsur ideologi keindonesiaan di dalamnya, tapi jika kita bisa bahasa inggris/jepang/mandarin kita bisa lebih memahami ideologi negara lain
    - penelitian menunjukkan seseorang yang menguasai 2 bahasa atau lebih maka akan berpikir lebih baik daripada orang yang hanya menguasai satu bahasa saja (bisa berpikir bercabang dan lebih paham suatu fungsi kata dan pengungkapan kata)
    -dan tentunya masih banyak lagi….

    saya setuju saja kita pakai bahasa Indonesia, tapi juga harus bisa bahasa Inggris atau bahasa negara maju lain mengingat kondisi penduduk dan ekonomi negara kita sekarang, menjadi penduduk Indonesia juga berarti tidak boleh terlalu belagu/sok seperti orang inggris/jerman/jepang (belagu/sok memang ada punya kebolahan)

    Comment by dennis — June 7, 2010 @ 12:42 | Reply

  18. aduh.. yg pada komen gak setuju tuch pda gak ngerti isi tulisan di atas kali yach.. yg penting tuch mesti bangga sama bhasa sndri, itu dia pesan moralnya !!!! kita yg bisa ngomong lancar kayak native speaker ajah gak pernah pengen nge-bule2in.. apalagi yg bahasanya pas2an kyak yg pada komen gak setuju!!!! parah loe semua..!!!

    Comment by thiokiriwenno — August 14, 2011 @ 05:01 | Reply

  19. Dari semua komen yang ada sudah terliihat jelas bahwa sebagian besar orang Indonesia sudah tidak mencintai bahasanya sendiri -_- sangat miris..

    Comment by vera — August 30, 2012 @ 01:13 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

The Rubric Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

