WanHart Blog

February 21, 2008

Hormat – Respect

Filed under: Communication,Komunikasi,Logika,Marketing,Social Science — Admin @ 05:24

“Yes sir”
“How are you sir?”
“Good morning sir”

Itu adalah kata kata yang saya ucapkan kepada para professor (pengajar) pada waktu saya kuliah di San Francisco, California. Suatu saat, salah satu professor saya sudah tidak tahan lagi dan dia minta saya berhenti untuk memanggil dia dengan atribut “Sir” (“Pak”).

Terjemahan:
“Hi Robert, tolong jangan panggil saya dengan “Pak” lagi, panggil saya Joel saja.”
“Maaf, sudah kebiasaan adat timur saya memanggil semua orang yang lebih tua atau uang saya hormati dengan atribut “Pak”.”
“Kenapa kamu harus panggil semua orang yang lebih tua dan kamu hormati dengan atribut “Pak” untuk mengormati mereka?”, sang professor bertanya.
“Kamu bisa menghormati saya dengan cara melakukan pekerjaan rumah (homework) dan test (quiz) dengan belajar yang baik, jika kamu memanggil saya dengan “Pak” dan kamu tidak melakukan pekerjaan rumah dan quiz dengan baik, kamu tidak menghormati saya.”

Terbukalah saya akan definis “hormat” sebagai seorang muda yang menuntut ilmu di negeri orang. Mulai sejak saat itu, saya mengerti apa arti “hormat” yang sesungguhnya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

