WanHart Blog

March 12, 2008

Legacy Number. Nomor Handphone Turunan.

Beberapa tahun lalu, operator cellular baru yang berbasis CDMA seperti Esia, Flexi, Mobile 8 dan StarOne rame-rame meluncurkan jasa mereka. kira-kira 3 tahun sudah dan mereka masih belum dapat meraih pengguna pelanggan cellular berbasis GSM. Jurus-jurus baru dengan berbagai tawaran telpon murah hingga Rp49/menit pun diluncurkan oleh operator berbasis CDMA.

Apa yang membuat sulit operator berbasis CDMA untuk merambah dan membuat pelanggan cellular berbasis GSM untuk beralih ke CDMA?

  1. Roaming Factor
    Nomor cellular berbasis GSM dapat dengan mudah roaming (menjelajah) di hampir semua belahan dunia. Jika kita berpergian keluar kota atau keluar negeri, kita tidak perlu mengaktifkan atau mem-forward nomor kita dengan nomor baru (trouble free).
  2. Legacy Number Factor
    Momentum. Sudah banyak orang menggunakan cellular berbasis GSM dan sudah banyak orang yang mengenal kita dengan nomor GSM dan sudah identik seperti alamat kantor dan rumah kita yang cukup permanen. Untuk pelanggan yang ingin menghemat, kita dapat membeli atau berlangganan cellular berbasis CDMA, tetapi nomor ini sulit untuk menjadi nomor primer, karena nomor GSM kita telah banyak dikenal orang.
  3. Hardware Advancement Factor
    Perangkat lunak (software) dan jasa dari operator GSM atau CDMA yang baik akan sangat tergantung oleh dukungan perangkat keras (hardware) dari pada pemimpin (front runner) pembuat perangkat keras seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola dan Samsung. Saat ini pasar cellular masih di dominasi oleh Nokia dan Sony Ericsson yang notabene pro-GSM.

Siapa yang bakalan menang? Penentunya adalah pasar sendiri.

gsmcoverage2.jpg

1 Comment »

  1. thank you, bro

    Comment by Beauregardke — March 25, 2008 @ 01:04 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: