WanHart Blog

March 26, 2008

Keliling dunia dalam satu hari dengan berlangganan RSS.

previewsmall.jpg Setiap harinya saya berkeliling dunia dalam satu hari. Di pagi hari jam 07:30 saya mulai dari Jakarta (Kompas RSS Feed: http://www.kompas.com/rssfeed.php), pada hari yang sama juga yaitu pada jam 08:00 saya berada di London (BBC News RSS Feed: http://news.bbc.co.uk/2/hi/help/3223484.stm), lalu pada jam 09:00 saya berada di San Francisco, tempat dimana saya kuliah dulu (San Francisco Chronicle RSS Feed: http://www.sfgate.com/rss dan News.com RSS Feed: http://www.news.com/RSS-feeds-from-CNET-News.com/2009-1090_3-980549.html?tag=pre_ft), selanjutnya pada jam 10:00 saya berada di New York (CNN RSS Feed: http://edition.cnn.com/services/rss dan MSNBC.com RSS Feed: http://www.msnbc.msn.com/id/5216556/. Sekembalinya saya dari kantor, pada jam 19:00 saya berada di Mountain View, California (Google Blog RSS Feed: http://feeds.feedburner.com/blogspot/dtKx).

Pasti anda sudah sedikitnya dapat menebak apa yang saya maksud; yaitu dunia virtual (dunia maya) yang kita sebut Internet. Saat saat ini waktu yang saya pergunakan untuk berselancar di Internet sehari hari adalah untuk email dan berita berita terbaru dari manca negara.Jika saya menjelajah internet dan menemukan situs yang saya sukai akan saya tandai dengan bookmark. Bookmark atau tanda buku saya bertambah terus menerus seiring dengan berjalannya waktu, tanpa saya sadari tanda buku saya telah mencapai lebih dari 300 tanda buku.

Dengan kesibukan saya sehari hari saya tidak mau menghabiskan waktu untuk mengunjungi dengan tanda buku saya tersebut terkecuali untuk email dan situs berita berita yang saya gemari.Layout yang dibuat baik dalam media cetak maupun media elektronik memiliki berbagai tingkatan, ada yang dimuat di halaman utama atas, ada yang dibawah dan ada yang hanya ditempatkan di kolom kecil bagian kanan, kiri atau bawah.

Seperti hal-nya di SuperMarket, di mana barang barang yang di letakan di tempat yang sejajar oleh mata (eye level shelf) adalah produk yang paling sering dan paling banyak di lihat orang. Barang barang yang terletak di tingkat bawah (foot level shelf) seringkali terabaikan. Tendensi penglihatan kita selalu tertuju kepada hal-hal yang utama atau besar, seringkali hal-hal yang kecil tapi menarik untuk dibaca terlewati.

Terima kasih untuk Google reader, saya berlangganan melalui RSS untuk isi dari 45 situs kesukaan saya ke ‘depan pintu rumah’ saya. Bayangkan jika anda harus membuka 45 situs kesukaan anda dengan multi-tab FireFox, belum lagi di hadapkan dengan iklan iklan yang akan mengambil perhatian dan bandwidth anda.

google_reader.gif

Bukan hanya itu saja, tetapi dengan Google reader, semua isi melalui RSS yang ada di dalam media elektronik dapat di salurkan dalam bentuk teks dan di sortir dengan tanggal terbit dan bukan di halaman yang tersembunyi. Judul (headline) pun memiliki besar huruf yang sama sehingga mata kita dapat memilih bukan berdasarkan dengan apa yang editor ingin kita baca atau apa yang editor pikir lebih menjual melainkan kita dapat memilih judul yang sesuai dengan keinginan hati dan pikiran kita.

Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. RSS adalah format dari web feed (penyalur web) yang digunakan untuk menyalurkan dan meng-update isi. RSS dapat dibaca dengan menggunakan RSS reader, dalam hal ini saya menggunakan Google reader. Dengan Google Reader, setiap saya mengunjungi situs yang menarik, saya akan mencari RSS yang biasanya diwakili dengan simbol seperti dibawah ini atau dengan simbol simbol lainnya yang anda dapat lihat di sini: http://www.rssicongallery.com

previewsmall.jpg

Mari kita keliling dunia dalam satu hari dengan mencari tanda berlangganan melalui RSS. Dengan menggunakan Google reader dan RSS, kita semua dapat keliling dunia dan mendapatkan berita berita menarik. ‘Karpet terbang’ bukan lagi jadi isapan jempol.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

