WanHart Blog

March 27, 2008

Adam Air. Air Crash Investigation.

Misteri Jatuhnya AdamAir di Majene Terjawab

Selasa, 25 Maret 2008 | 12:54 WIB

JAKARTA, SELASA – Terkuak sudah penyebab jatuhnya pesawat AdamAir jurusan Jakarta-Surabaya-Manado di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 lalu. Awalnya, alat navigasi pesawat atau yang dikenal sebagai Internal Reference System (IRS) rusak. Kedua pilot terkonsentrasi memperbaiki kerusakan dan lupa memerhatikan instrumen yang lain. Mereka tidak menyadari pesawat miring dan turun mendekati laut. Mereka baru sadar dua menit sebelum pesawat pecah menabrak laut. Terlambat. Tidak ada yang bisa dilakukan. Seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 102 hilang dan dianggap tewas.

Demikian hasil kesimpulan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang disampaikan kepada wartawan di Gedung Departemen Perhubungan, Jakarta, Selasa (25/3). Anggota KNKT Mardjono menerangkan, kerusakan IRS terjadi dalam 13 menit terakhir penerbangan, sebelum pesawat jatuh. Kerusakan ini mengalihkan perhatian kedua pilot dari flight instrumen.

Hasil rekaman Digital Flight Data Recorder (DFDR) menunjukkan, mulanya pesawat telah terbang dengan bantuan instrumen kemudi otomatis. Namun, penanganan terhadap IRS yang dilakukan tidak sesuai dengan panduan, sehingga kemudi otomatis pesawat menjadi tidak berfungsi. Pesawat pun mulai miring.

“Karena miringnya hanya satu derajat per detik, jadi tak terasa. Autopilot disconnect dan alarm berbunyi ‘Not..not..not’. Mereka sempat mematikan alarm tersebut karena terlalu fokus pada IRS. Ini biasa. Jadi tidak bisa dikatakan human error, hanya kinerjanya yang error. Kinerja sebagai manusia darat yang harus terbang. Kalau di darat, prosedur mereka sudah benar. Tapi berbeda halnya jika dia berada di udara,” terang Mardjono.

Sementara itu, Ketua KNKT Tatang Kurniadi menambahkan, setelah pesawat miring ke kanan melewati 35 derajat, alaram berbunyi. Pesawat terus miring hingga 100 derajat dan situasi sudah tidak bisa dikendalikan lagi. “Pesawat miring daya angkatnya memang kurang. Padahal dia (pilot) melakukan recover baru setelah hidung pesawat nunduk 60 derajat. Apalagi dengan kecepatan yang mach 0,926 kecepatan suara. Oleh karena itu, pecahan badan pesawat terbesar yang ditemukan hanya dua meter. Sebab saat menabrak laut itulah, pesawat terpecah,” jelasnya.(BOB)

Di sadur dari: http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.25.12545960&channel=1&mn=1&idx=1

====

Kata-kata Terakhir Pilot AdamAir (2)

Salah Satu Pesawat Boeing 737 milik AdamAir
Kamis, 27 Maret 2008 | 07:36 WIB

JAKARTA, KAMIS- Ada fakta-fakta baru mengenai jatuhnya pesawat AdamAir 1 Januari 2007 lalu, meskipun itu yang muncul dari luar Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pengamat transportasi Agus Pambagyo yang juga pernah mendengarkan isi cockpit voice recorder (CVR) saat mendatangi National Transportation Safety Board (NTSB/KNKT©nya Amerika Serikat) di AS tahun lalu mengatakan, apa yang diuraikan oleh Ketua KNKT Tatang Kurniadi, Selasa lalu benar adanya.

“Tapi ada kata-kata yang kurang dalam percakapan dua pilot. Setelah salah satu pilot mengatakan “jangan dibelokin, jangan dibelokin,” tiba-tiba ada suara seperti benda pecah, lalu seorang lagi berteriak “Allahu Akbar”. Lalu semuanya terdiam,” kata Agus Pambagyo dalam percakapannya dengan Persda Network di Jakarta, Rabu (26/3)

Agus mengaku tidak tahu siapa yang menyebut Allahu Akbar, tapi jelasnya, kata-kata itu sangat jelas terdengar dari VCR. Seperti diberitakan, KNKT memaparkan kecelakaan pesawat AdamAir bernomor penerbangan DHI 574 itu akibat kerusakan alat navigasi IRS (Internal Reference System). Kedua pilot memfokuskan pada perbaikan IRS dan lupa pada instrumen lain, sehingga tidak tahu pesawat Kedua pilot memfokuskan pada perbaikan IRS dan lupa pada instrumen lain, sehingga tidak tahu pesawat sedang menghujam ke laut.(Persda Network/Hendra Gunawan)

Di sadur dari: http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.27.07365264&channel=1&mn=1&idx=1

9 Comments »

  1. Saya bisa membayangkan bagaimana situasi dikabin begitu mereka tau kalau pesawat udah miring 100 derajat,betul2 maskapai yg hanya cari untung kagak mikirin keslamatan penumpang, marilah para keluarga korban bersatu utk bersama2 minta tanggung jawab ke EKS. managemen adam air (maskapai yuman error)

    Comment by Heru Sutimboel — August 1, 2008 @ 14:58 | Reply

  2. Saya sangat menyesalkan sikap para birokrat yang terkesan menutup-nutupi fakta yang ada. Keterbukaan informasi dari departemen perhubungan diperlukan agar masyarakat terutama para crew penerbangan tahu apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Sudah bukan waktunya masyarakat cuma diberitahu “HUMAN ERROR tanpa tahu dimana letak kesalahannya. Keterbukaan informasi juga bisa jadi pembelajaran bagi para pilot di Indonesia. Apalagi dimasa-masa mendatang tantangan cuaca akan lebih besar bagi para pilot.

    Comment by Ratnawati Dewi — August 4, 2008 @ 08:44 | Reply

  3. Kalau mau Naik Pesawat dari MASKAPAI PENERBANGAN asal INDONESIA, siap2 bawa NYAWA SEREP!!!

    Comment by SILUMAN — August 7, 2008 @ 18:48 | Reply

  4. Jatuhnya pesawat register PK-KKW tersebut merupakan tanda-tanda awal mau bangkrutnya adam air,namun ownernya ga menyadarinya bahkan tetap arogan terhadap karyawan yang banyak diperlakukan kurang manusiawi.bahkan sebenarnya departemen terkait membutakan matanya sehingga tidak melihat adanya penyimpangan dimana.Dari banyak sisi management adam air telahmenyimpang dari peraturan ataupun UU yang ada di negarakita.Banyak karyawan yang tidak terlindungi JAMSOSTEK tapi kenapa pemerintah/departement ga melihatnya.thanks

    Comment by Gunawan kta — October 4, 2008 @ 01:30 | Reply

  5. Teroris tuh….

    Comment by vitrelle — November 11, 2008 @ 05:50 | Reply

  6. Kalau di indonesia itu , jatuhnya pesawat udah biasa. Gimana engga’, pesawat yang ada kerusakan disana sini aja masih dibolehin terbang . Besok kalau mau naik maskapai Indonesia jangan lupa bawa PARASUT . Biar enak kalo jatuh .

    Comment by Noe — November 20, 2008 @ 11:34 | Reply

  7. Related informations from National Geographic:

    Air Crash Investigation – The Plane That Vanished pt1

    Air Crash Investigation – The Plane That Vanished pt2

    Air Crash Investigation – The Plane That Vanished pt3

    Air Crash Investigation – The Plane That Vanished pt4

    Air Crash Investigation – The Plane That Vanished pt5

    Conclusions:
    1. Bad flight maintenance by Adam Air, result: erroneous IRS which decrease the flight safety yield (from the report there were a lot history problems), but this is not the primary reason causes the crash yet.
    2. Bad management of Adam Air, result: unqualified pilots, at the end they face a fatal human error which dangered 102 life in the plane (see the video part 3 and 4).
    3. Indonesian government is a “compromised government”, everything is “possible” and can be compromised.

    I looked at the http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_air_carriers_banned_in_the_EU#Indonesia , is there anyone who can clarify the authentication of these data? Is EU still banning all the air carriers includes Garuda until now?

    Any related comments will be appreciated.
    Thank you.

    Comment by Richard Wu Prasojo — April 9, 2009 @ 18:42 | Reply

  8. Semoga bagi keluarga yang ditinggalkan tetap diberi ketabahan oleh Tuhan kita Allah SWT. Kecelakaan ini tidak boleh terulang lagi, yang dikhawatirkan dapat mengundang opini-opini lain yang merusak sebuah tatanan ketetapan tertentu.

    Comment by Aditya Bayu Aji — April 15, 2009 @ 02:20 | Reply

  9. sebuah musibah yang mengerikan.

    sampai sekarang saya masi ngeri membayangkan suasana di kabin sewaktu itu, pesawat miring dan terjun bebas sampai menghantam laut!

    Comment by zakki120 — September 22, 2010 @ 02:51 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: